5 April 2010

Gugus 5 Sipatahunan Melaksanakan Pelatihan Classroom Reading Program


Selasa, 05 April 2010.

Classroom Reading Program yang dilaksanakan di gugus 5 Sipatahunan bertujuan untuk menggalakkan budaya membaca di kelas pada tingkat Sekolah Dasar. Program ini dirancang dan akan diterapkan dengan membagikan buku-buku bacaan kepada sekolah-sekolah binaan DBE-2 melalui program hibah. Agar buku-buku tersebut tidak menjadi pajangan di perpustakaan sekolah, maka DBE-2 telah dan sedang melakukan pelatihan yang ditujukan kepada para guru dengan tujuan agar pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan dan kebiasaan membaca siswa.


Program membaca di kelas terdiri dari dua komponen utama yaitu 1) membekali kelas dengan buku dan materi baca (perpustakaan kelas) da 2) pelatihan pengembangan profesionalisme untuk guru dalam menggunakan buku serta materi baca di dalam pembelajaran PAKEM. Pengadaan buku dan materi baca di dalam kelas ini akan memberikan akses langsung kepada guru dan siswa sehingga mereka dapat menggunakannya pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Paket berisi buku dan materi baca ini sudah didistribusikan keseluruh sekolah binaan DBE-2 dengan menggunakan mekanisme hibah.

Setiap sekolah binaan DBE-2 sudah menerima masing-masing tiga paket yang berisi buku dan materi baca. Tiap-tiap paket terdiri atas 40 judul buku bacaan, masing-masing sebanyak 5 eksemplar sehingga total keseluruhan per-kelas adalah 200 buku dan materi baca. Paket-paket ini terdiri dari empat kategori bacaan yaitu pengetahuan alam ; sejarah, geografi dan budaya ; pendidikan moral ; serta legenda dan dongeng-dongeng binatang/fabel. (Mohamad Wahyu, S.Pd)